Tutorial – Cara Flashing Samsung S3 Mini GT-i8190

adsense-fallback

Mempunyai gadget yang canggih memang sangat menyenangkan, karena bisa membantu kita dalam banyak hal, namun bagaimana jika gadget kesayangan kita mengalami trouble?? oke, kali ini saya akan sharing Cara flashing S3 Mini mengunakan odin dengan firmware terbaru.

Untuk melakukan flashing kali ini tidak sulit dan hampir sama dengan metode flashing yang sebelumnya saya share, namun pasti banyak dari anda ingin melakukan flashing menggunakan firmware secara spesifik, Flashing ini dilakukan jika gadget anda bermasalah seperti bootloop, hank, restart, dll. dan kebanyakan dari anda pasti mengalami ini gara-gara menginstal aplikasi ata bahkan kehabisan baterai bisa menjadi masalah yang serius, oke kita langsung saja dengan menyiapkan bahan flashing.

adsense-fallback

Sebelum kita berjalan lebih jauh tentang cara flashing, tidak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu apa saja permasalahan yang sering muncul sehingga kita sampai melakukan flashing, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bootloop : Dimana ponsel hanya berjalan sampai pada logo saja.
  2. Hang : Dimana ponsel berhenti dan tidak bisa lagi dijalankan.
  3. Lemot : Dimana ponsel bisa beroperasi namun berjalan sangat lambat.

Nah, itu tadai beberapa hal yang sering kali menjadi permasalah pengguna ponsel galaxy s3 mini ini, sehingga kita perlu melakukan flashing atau hard reset. Langsung saja cek langkah-langkah dan apa yang yang perlu dipersiapkan untuk flashing dibawah ini.

Persiapan Flashing S3 Mini

  1. Download Software Odin
    Odin adalah software yang berguna untuk melakukan inject firmware kedalam perangkat atau gadget kita.
    Download disini » Odin 3.0.9
  2. Download Firmware S3 Mini
    Firmware ini bisa disebut juga dengan OS / Operating System dan saat ini firmware terakhir dai S3 mini adalah JellyBean
    Download disini » Firmware S3 Mini
  3. Driver Samsung Kies
    Driver ini anda gunakan jika perangkat tidak dikenali oleh PC/Laptop saat melakukan Flashing, jadi sebagai opsional saja.
    Download Disini » Driver Samsung Kies

Cara Flashing Samsung S3 Mini

  1. Selesai download semuanya silahkan untuk melakukan Extract keseluruhan file. Install Driver jika diperlukan.
  2. Matikan gadget atau perangkat anda, kemudian masuk ke Boot Mode dengan cara tekan “Volume Bawah + Home + POWER” lakukan secara perlahan hingga keluar kalimat “WARNING”
  3. Selanjutnya tekan “Volume Bawah” hingga keluar kalimat “Downloading…”
  4. Buka aplikasi Odin kemudian tancapkan perangkat ke PC/Laptop dengan kabel data, lihat pada kolom COM jika terkoneksi maka akan ada tampilan kuning.
  5. Selanjutnya pada menu option silahkan centang “Auto Reboot” dan “F.Reset Time”
  6. Kemudian Masukkan Firmware yang tadi kita download ke dalam Kolom “PDA” dengna cara men-klik dan arahkan ke folder hasil extract tadi.
  7. Setelah semua terpenuhi silahkan klik “Start” maka proses flashing pun dimulai, tunggu beberapa menit hingga pada kolom COM keluar tanda “PASS”

Jika anda mengalami gagal boot setelah flashing pasti disitu kadang anda merasa sedih, stop gak usah sedih, jika bisa boot berarti masih bisa untuk dilakukan flashing ulang, dan lakukan factory reset agar hasilnya maksimal. Begitulah tutorial Flashing Samsung S3 Mini dari saya, baca juga nih cara flash galaxy v  sampai jumpa.

adsense-fallback