Tutorial – Cara Flash HP Nokia Semua Type Gratis !!

adsense-fallback

Pasti banyak dari anda yang masih penasaran, bagaimana cara flash hp nokia tanpa box dengan cara yang mudah. Oke kali ini saya akan membahas tuntas tentang tata cara flashing hp nokia. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, karena saya dulu juga seorang flasher.

Untuk melakukan flashing hp nokia semua type, anda harus tahu beberapa pengetahuan dasar. Jika anda pahami maka tidaklah sulit untuk melakukannya, bahkan menjadi master flasher sekalipun. Di Indonesia pekerjaan menjadi flasher masih banyak diminati, itu dikarenakan pengahasilannya yang bisa dibilang lebih dari lumayan.

adsense-fallback

Dari pengalaman saya waktu jadi flasher pendapatan saya perbulan bisa mencapai 4-7 juta per bulan (kotor). Anda bisa hitung sendiri berapa pendapatan bersih saya dipotong biaya bulanan. Tapi semua itu tergantung dari ramai tidaknya tempat usaha anda, yang pasti semakin anda handal maka semakin banyak pelanggan yang mencari anda.

Pengetahuan Dasar Flashing HP Nokia

• Software Flasher (Dongle/Box)

Ada banyak sekali Software Flasher yang beredar saat ini dari yang luar negeri sampai ciptaan dalam negeri (local). Bahkan ada alat flasher dari indonesia yang sudah mendunia, anda tahu apa itu?? ya MX-Key punyanya mas Alim Hape, beliau lah yang menginspirasi saya belajar flashing hp, karena ceritanya yang sangat inspiratif. Dulu MX-Key tidak sebesar sekarang, banyak yang meragukan kemampuan Mx-Key tapi sekarang dunia mengakuinya.
Ini beberapa contoh Software/alat Flasher Nokia

  1. Phoenix ( Nokia Inc.)
    Software ini merupakan software resmi dari nokia, kemampuannya sangat luar biasa, namun jika alat/dongel nya original, kalo crack masih banyak kekurangannya. Dan saya pernah memakainya waktu saya kerja di NCC, mantab surantap dah nih alat. Namun sayangnya teknisi disana masih kurang paham akan kemampuannya. Dan saya pun juga berlagak bodoh disana. Ssssssttt…..ini Rahasia ya..!!! ( karena saya tidak akan pernah membongkar kemampuan tersembunyi alat ini, berbahaya!!)
  2. Mx-key (by Alim Hape )
    Mx-key by Alim, saya gak bisa ngomong apa-apa soal software satu ini, yang jelas sudah banyak menghasilkan income buat saya,hehe.. Dan saya berterima kasih sama mas alim karena telah menciptakannya. 0:) Most powerful software ever.
  3. Infinity Box Nokia (by Best Infinity )Ini dia Software yang katanya paling bagus saat ini, secara keseluruhan saya belum pernah mencobanya, tapi versi cracknya memang lumayan bagus menunrut saya, dan nanti alat ini lah yang jadi bahan Software yang akan saya bahas disini.
  4. J.A.F (Just Another Flasher)
    Software JAF dulu pernah berjaya, namun sekarang sudah jauh dari masa kejayaannya. Ya meskipun kenyataannya begitu,tapi menurut saya software ini masuk dalam kategori legenda Best Software, karena dulu ada fasilitas by-pas flashing, dan menghasilkan banyak income setelah Mx-key.. Kepanjangan dari J.A.F sendiri juga fenomenal buat saya..!!
    Official Resmi ( Udah Error 404 ) hahahaha…
  5. ATF (by Advance Team)
    Ini adalah Software yang paling fenomenal menurut saya, karena kecepatannya dalam proses flashing dan fasilitas yang ada didalamnya membuat saya takjub, ya walaupun masih banyak flasher dibuat bingung sama fasilitasnya, tapi overall ATF merupakan alat yang wajib anda miliki!!
  6. UFS (by SARASOFT)
    UFS dari Sarasoft ini juga legenda alat flashing, sampai sekarang masih tetap bertahan, karena eksistensinya ini banyak dari tukang flash masih menggunakannya. Selain gampang pengoprasiannya alat ini tidak mudah rewel. Paling awet menurut saya.
    Official Resmi UFS ( sampai saat ini saya belum pernah tahu Official resminya Sarasoft/UFS/HWK/TORNADO/TWISSTER, mungkin saking banyaknya produk kali ya..)
  7. DLL
    Dan Masih banyak lagi software flasher Nokia di dunia ini. Tapi prefer ke alat diatas aja, karena cara Flash HP Nokia ini berdasarkan pengalaman saya..

• Firmware ( File Flasher )

Firmware adalah file yang akan digunakan untuk Flashing, atau kalo dalam dunia komputer bisa disebut OS (Operating System). Didalam Firmware ada file :
MCU : File System
PPM : File Bahasa/ Region
CNT : Content, atau aplikasi bawaan Nokia
Untuk isi file tergantung dari type handphone yang bersangkutan, karena ada yang berisi hanya 2 file sampai 6 file.
Karena disini judulnya semua type maka nanti akan saya ajarkan bagaimana memilih Firmware sesuai dengan type handphone yang akan anda Flash/Program Ulang.

Security ( System Keamanan pada Nokia )

Nokia merupakan raksasa didunia perhapean jadi tidak mungkin jika Nokia tidak mempunyai System Keamanan yang rumit. Dan saya akan menjelaskan beberapa System keamanan pada Nokia. Pelajari..maka anda akan menjadi master
Nokia Mempunyai sistem security pada File RPL dan PM, yang di enkripsi berupa nomor imei. ada 3 jenis security pada Nokia dan itu tergantung dari jenis handphoneya.

  1. SL1 (Simlock 1)
    Ini adalah system keamanan pada hanphone lama ex: N71, N73 dan semua N Series
    Letak Simlocknya pada RPL dan PM 1, 308, 309
  2. SL2 (Simlock 2)
    Ini adalah system keamanan pada handphone 5220, 5130, dan hampir semua Seri Xpress Music
    Letak Simlocknya pada RPL dan PM 1,120,308,309
  3. SL3 (Simlock 3)
    Ini dia momok sampai sekarang, karena untuk bisa memecahkan security harus menggunakan bruteforce, Ex : Hampir semua type nokia terbaru kecuali variant DCT4

Dan itulah dasar-dasar untuk memulai flashing hp nokia, jika minimal sudah paham makan anda sudah siap untuk selanjutnya, yaitu cara Download Firmware Nokia.

Setelah kita memahami tentang dasar-dasar flashing hp nokia, sebaiknya kita juga perlu memahami untuk apa sih melakukan flashing pada hp yang kita punyai. Untuk sebagian orang yang sudah memahami memang tidak perlu lagi menanyakan hal tersebut, namun untuk orang yang baru mulai mengenal kata “flashing” pasti akan bertanya demikian.

Nah, flashing atau hard reset sendiri merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kerusakan pada ponsel yang kita miliki, seperti ponsel hang atau tidak mau dioperasikan, ponsel bootloop atau hanya hidup sampai tampilan logo saja, dan masih banyak yang lain sebagainya. Untuk menjadikannya normal kembali salah satu jalannya adalah harus dengan melakukan flashing.

Sebelum melakukan flashing, berikut ini ada beberapa file yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Anda bisa langsung mendownloadnya dibawah ini.

Cara Download Firmware Nokia Semua Type

Mengetahui Kode Produk Nokia

Karena tutorial ini untuk semua type handphone nokia, maka saya akan mengajarkan anda cara mencari Firmware sesuai dengan handphone yang akan anda Flash.

Nokia mempunyai kode produk yang berbeda-beda pada tiap typenya, dan jika handphone anda masih bisa nyala bisa anda lihat kode produk dengan cara menuliskan kode *#0000#

Saya menggunakan Nokia E51 karena ini handphone pribadi saya.. perhatikan gambar dibawah ini.

Keterangan diatas, yang sebelah kiri itu handphone masih bisa menyala maka akan keluar tampilan seperti itu, namun jika handphone dalam kondisi mati anda bisa membuka tutup baterai dibelakang dan melihat kode type handphone seperti gambar yang kanan. Yang perlu anda perhatikan disini adalah tanda yang saya kasih kotak, disitu ada tulisan
RM-244

Itu adalah kode produk dari hp nokia E51, dan tulisan angka 410.34.001 itu adalah versi software saat ini. Namun jika handphone dalam kondisi mati anda tidak akan tahu berapa versi software handphone tersebut, dan yang anda lakukan adalah mendownload versi software yang paling terakhir.

Cara Mendownload Firmware Berdasarkan Kode Produk

Dulu saat masih jaman saya ngeflash nokia saya menggunakan NaviFirm namun sekarang server dari NaviFirm sudah down, tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali Server yang menyediakan Firmware Nokia. Dan bahkan jika posisi anda di Kediri Jawa Timur saya akan membagikan Firmware ini Cuma-Cuma alias Gratis, tapi gak boleh semua,hehehe..

Update Info penting!!
Dikarenakan MrCrab sudah down dan tidak terupdate lagi maka sangat saya sarankan untuk mencari firmware secara mandiri di www.google.com dengan memasukkan kata kunci sesuai dengan type hp dan jenis firmware yang anda butuhkan.

Jika ada kesempatan dan dana yang cukup akan saya sediakan server sendiri untuk koleksi firmware terbaru. Jadi doakan saya agar selalu lancar dalam segala hal rejeki dan kesehatan, Amiiinnn!!

Oke begini langkah-langkahnya
Cari Firmware yang sesuai, perhatikan gambar dibawah ini.

Inilah kegunaan kita melihat kode Produk dari handphone nokia, dan seperti yang kita ketahui tadi nokia E51 saya mempunyai kode RM-244 maka itu yang akan kita pilih, karena dibawahnya juga ada Nokia E51 dengan RM-426 tentu itu tidak akan cocok. Oke untuk melanjutkan Klik Link pada Nokia yang akan kita download firmwarenya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah anda klik Link Nokia maka selanjutnya anda memilih region bahasa yang akan anda gunakan, karena anda ingin bahasa indonesia maka pilih Firmware dengan kalimat yang ada Indonesianya atau biasanya APAC 3, APAC X, SEAP X,  APAC singkatan dari Asia Pasific dan angka 3 adalah region yang masuk ke kategori 3 dan indonesia juga termasuk. Anda juga bisa memasukkan bahasa yang lainnya, semisal bahasa Arab, namun bahasa indonesia anda akan hilang. Setelah itu Klik Link Firmware yang anda pilih( Salah satu saja ). Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar diatas adalah Versi Firmware mana yang akan anda pilih, jadi pilihlah firmware dengan versi yang paling tinggi seperti yang saya kasih kotak merah. Klik link tersebut dan perhatikan gambar dibawah ini.

Dan itulah semua Firmware yang harus anda download, lihat angka 410.34.001 itu adalah versi sofwarenya. klik satu per satu link tesebut, tunggu hingga download selesai.

Tata Letak Firmware yang Benar

Setelah donwload selesai yang perlu anda lakukan adalah memindahkan file tersebut ke satu folder dengan Nama RM-211, atau terserah anda yang penting anda ingat menaruhnya.. Jika anda lebih profesional lagi maka buatlah folder seperti saya ini.
D://program files/nokia/phoenix/product/
Folder diatas memang belum ada di Drive anda, maka Anda harus membuat folder sendiri “Make new folder”  sesuai dengan urutan diatas.
kenapa ditaruh di Drive D?? itu karena jika anda menaruh di Drive C dan anda menginstal ulang PC anda, maka fila flash itu akan hilang, jadi lebih aman di taruh di drive D, dan langkah ini akan memudahkan anda untuk metode Flashing yang akan saya jelaskan dibawah nanti.

Persiapan dan Langkah Flashing HP Nokia Tanpa BOX

Seperti yang anda ketahui dari awal saya menjelaskan beberapa Box atau alat yang digunakan untuk memflashing hp nokia, dan semua itu dongle berbayar. Namun sesuai judul artikel saya disini maka saya akan memberikan materi Flashing tanpa box alias gratisan.. Bagaimana caranya?? ini dia cara flash hp nokia versi saya..!!

1. Download Software Flasher Infinity Best by Sanjeev
Aplikasi ini Free atau versi Crack, setelah download kemudian extract dan instal, ikuti langkahnya seperti biasa untuk folder tetap ikuti aturannya saja tidak masalah.

Download INFINITY BEST

2. Download Aplikasi Nokia PC Suite
Untuk proses flashing menggunakan USB maka anda membutuhkan aplikasi Nokia PC suite untuk Menginstal Driver Handphone tersebut. Dan ini Untuk All Type Nokia Klik Link berikut untuk men

Download disini Nokia PC Suite

3. Siapkan Firmware HP Nokia
Caranya seperti langkah “Cara Download Firmware Nokia Semua Type” yang diatas, dan sesuaikan dengan type handphone nokia yang akan anda flash.

4. Langkah-langkah Flashing Nokia

Jalankan Aplikasi Infinity Best yang tadi anda download dan lakukan setting seperti tampilan dibawah ini. Cara flash hp nokia ini lebih gampang jika anda melakukan persis dengan tutorial yang saya berikan.

Setting Active Directory seperti langkah diatas, sesuaikan dengan letak Drive pada komputer anda, jangan lupa menaruh File Firmware pada Folder Products tersebut Tutorial ini mengunakan HP nokia E51 RM-244 lihat gambar dibawah.

Dan semua file firmware yang tadi anda download semuanya masuk ke folder RM-244

Next tancapkan Handphone nokia anda ke PC dan biarkan komputer anda menginstal driver nokia tersebut, jika handphone anda dikenali maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini.

Masuk ke Tab Flashing yang saya kasih kotak biru, pastikan “Use INI” tercentang, kemudan klik “Check” maka keluar tampilan pada kotak angka 3, sebelum anda men klik “FLASH” pastikan Backup pada kotak no 4 sudah tercentang. Tarik Napas dan klik “FLASH”
Gambar Dibawah ini adalah proses ketika Flashing hingga selesai.

Dan itulah tampilan terakhir jika proses flashing sudah selesai. Posisi handphone setelah flashing adalah local mode, maka selanjutnya tinggal anda cabut baterai dan nyalakan ulang seperti biasa. Tutorial flashing nokia ini sudah saya buat sesimpel mungkin agar anda paham dan benar-benar bermanfaat, selalu hargai karya anak bangsa dan terus semangat buat kalian.

Masih bingung?? Lihat Video Tutorial Cara Flash Nokia Semua Type tanpa Box dibawah ini.

adsense-fallback